Mendongak


menengadah

Lebaran di hari kedua terik. Pagi, ketika menjemur pakaian, sesekali menengok ke atas. Matamu lasak. Langit tengah cerah-cerahnya. Lukisan semesta dengan sketsa sembarangan. Namun, punya hasil mengagumkan. Apalagi diabadikan dengan gawai. Seraya menjemur pakaian, berbicara sendirian pun dikerjakan,

“Nanti selesai ngatur formasi pakaian di jemuran, tak fotolah langit ini.”

Sehabis menjemur, lekas-lekas mengambil gawai yang tiap saat mesti dihubungkan ke stopkontak. Kalau ingin ia terus bernyawa. Gawai kian tak bersahabat. Kamu mematikan data seluler. Jika data seluler dihidupkan tanpa disambungkan ke kotak kontak, maka matilah gawai. Matilah ia. Tak lupa mencerahkan layar gawai. Sebenarnya tak suka gawai terang. Suka yang redup. Tetapi, tidak gelap.

menengok

Gawai di tangan. Tanpa sandal, bersegera berdiri di atas bak yang ditutupi seng. Cuaca panas. Sesekali kaki kepanasan. Tidak menyerah. Misi tetap dilanjutkan. Memfoto langit. Mendongakkan kepala. Oh teriknya. Bersiap memfoto. Sekali-sekali mata tertutup dengan sendirinya. Tiga potret langit berhasil diabadikan. Ketagihan. Kembali mendongakkan kepala menantang matahari. Belum sempat dilakukan, seketika gawai bergetar dan gelap. Kamu hapal. Gawai telah mati. Sering emosi dengan ulah gawai sendiri.

“Yaelah hape. Makin banyak aeee tingkahnya sekarang. Masa 10 menit langsung meninggal.”

Sesudahnya bersiap turun dari bak. Kini, kaki tanpa alas pun kepanasan. Kasihan. Kemudian, ke kamar mandi membasuh kaki. Buru-buru berlari menuju kamar. Mencari stopkontak untuk menghidupkan gawai. Penasaran dengan potret langit barusan. Gawai hidup. Lantas, membuka galeri, melihat foto.

“Waaah cantiknya langit pagi ini. Tak sia-sia manjat di atas bak, demi ini,” ujarmu.

Lalu mengedit potret langit di InShot. Menyisipkan sebuah lagu di dalamnya. Lagu yang sering dirapalkan beberapa pekan. Tidak sedang (ter)bawa perasaan. Tidak sedang rindu. Kamu hanya suka lirik lagunya. Kamu cuma berselindung di baliknya. Itu saja. (❤ YD)



Comments

Post a Comment

Popular Posts