Bertumbuh


didesain di Canva

Tinggal lima hari lagi #31HariMenulis berakhir. Sudah dua puluh enam hari mengikuti. Kegiatan memperkaya kata pun karya. Bukan memperkaya harta. Melainkan menghabiskan kuota. Tak apa. Ini sementara. Tetapi, membekas selamanya. Hari ke dua puluh enam rasa malas menulis makin bertumbuh. Bingung. Menuangkan apalagi di Microsoft Office Word 2007. Setiap saat tulisan berhasil dikirimkan. Maka bersiaplah kembali beserta kepala pening sesudahnya.

“Besok nulis apalagi ya? Besok cerita apalagi ya? Hadeeeh,’’ ucapmu.

Sekejap itu juga kepala hendak pecah. Tetapi, tak pernah retak betulan. Kamu cuma overthinking perihal tulisan yang akan diketikkan. Kegiatan ini agak menyita waktu bagi seorang amatir. Jika menulis dimulai sehabis magrib atau isya. Bersedialah tidur larut di malam harinya. Selamat.

Beberapa kawan yang bergabung di #31HariMenulis telah banyak yang kalah. Tidak mengirimkan tulisan (lagi). Beberapa masih bertahan mengirimkan tulisan. Kendati kata yang dicurahkan kian sedikit. Biarpun tulisan yang dikirimkan menjelang deadline tiba. Pukul dua belas malam. Kita harus berteguh-teguh janji, kawan.

Pertama kali bertemu kegiatan ini di Twitter. Mengajak seorang teman untuk ikut. Sekarang ia telah pamit. Berhenti sebelum sampai di garis finis. Terakhir kali, ia mengirimkan tulisan tepat di hari kedua puluh kegiatan. Setelahnya tak pernah lagi mengirimkan.  Hingga kini, tak tahu penyebab  ia mundur. Yang kamu tahu dari ceritanya, ia tak dapat berpikir lagi untuk menulis. Mungkin tengah merasakan writer’s block. Seperti yang pernah dialami dahulu dan hingga sekarang tetap.

Sungguh disayangkan berhenti mengirimkan. Sudah mengikuti kegiatan separuh jalan. Dan sebentar lagi tiba di penghujung kegiatan. Barangkali ia punya alasan kenapa mundur. Tidak melanjutkan menulis. Segan bertanya mengenai alasan. Tak mau dibilang kepo. Padahal keingintahuan meruap-ruap. Biarlah ia bercerita dengan sendiri.

Terkadang juga ingin undur. Tapi, kerap merasa sayang dengan semua proses yang sudah ditunaikan. Mencoba menyemangati diri sendiri supaya terus menulis. Cuma hendak tiba di garis finis. Tidak terlalu berkeinginan dengan hadiah yang ditawarkan. Walau hadiah yang diberikan cukup menggiurkan. Hanya ingin bertumbuh. Membuktikan ke diri sendiri. Pasti bisa melalui tantangan di #31HariMenulis. Kegiatan ini mesti terlewati. Semangat. (❤ YD)

Comments

Post a Comment

Popular Posts