Perangai Emak-emak yang Ngeselin

@thiszun via www.pexels.com
        Zaman makin canggih dan tentunya ada banyak perubahan yang mau enggak mau harus diikuti jikalau tidak ingin dibilang kudet oleh beberapa orang yang suka nyinyir like julid people. Salah satu contoh orang yang sedikit banyaknya heboh terhadap perkembangan zaman adalah Emak-emak di luar sana. Termasuk Emak saya sendiri, yang rempongnya bisa ngebuat saya mendidih dengan seketika. Btw, ada 5 perangai Emak-emak di zaman 4.0 (mungkin lebih), dan kali ini saya akan menceritakan apa-apa sajakah itu;

Pertama #Emak non English
            Sebagai seorang yang lulusan jurusan pendidikan bahasa Inggris, saya dituntut untuk wajib tahu, setiap kali ngejawab pertanyaan-pertanyaan yang bernuansa bahasa Inggris. Padahal nih ya, saya enggak terlalu pintar-pintar amat. Setidaknya ketika seseorang bertanya perihal bahasa Inggris saya masih bisa jawablah haha.
Jadi, Emak saya itu suka sekali membaca, baik itu di koran, tv, maupun di gawai anak-anaknya. Ketika di sana ada kalimat yang berbahasa Inggris. Sementara blio enggak tahu sama sekali artinya, dan blio tetap ingin tahu arti dari kalimat tersebut. Ya, seketika itu juga blio langsung memanggil nama saya, untuk menanyakan apa arti dari kalimat yang beliau baca. Jikalau saya nggak bisa menjawab pertanyaannya, biasanya dia langsung marah tuh.
            “Ah percuma tamatan bahasa Inggris. Ini aja pun nggak tahu artinya.”
Mendengar kalimat itu rasanya kesal bin dongkol. Ini Emak, rasa curiosity-nya tinggi sekali ya ampun. Yaelah Mak, kalau mau minta tolong nggak usah ngegas gitu dong nadanya. Calm down, mymak~

Kedua #Emak agak Gaptek
Contoh lainnya adalah di saat Emak saya tengah asyik bermain ponsel pintar, di mana blio lagi ngebuka aplikasi Facebook atau sejenisnya. Blio sering nanyain tuh, “Ini gimana cara buka beritanya? Ajarin dulu cepat!” Ketika sudah diajarkan, besoknya lupa lagi dong blio. Dan muncul lagi pertanyaan berikutnya,
“Ini gimana cara ngirim berita dari Twitter ke WhatsApp? Gimana cara ngirim foto ini ke adikmu?”
Kemudian, begitu banyak pertanyaan yang blio ajukan dimulai dari kata ‘gimana.’ Pengin ngegas, blio orangtua, orang tua kandung pula haha. Alhasil ajarin sebisanya sambil tetap istigfar.

Ketiga #Emak Percaya Hoax
Selain hobi buka WhatsApp, Emak juga suka banget berselancar di platform media sosial lainnya, sebut saja Facebook atau Twitter. Btw, blio seringnya main Twitter sih. Nah, di saat ngeliat beberapa berita yang lagi ramai dibicarakana di lini masa Twitter, biasanya blio langsung nanya tuh, “Benarnya berita ini? Ini nggak hoax, kan?”
Pernah sesekali Emak saya bilang gini, “Katanya pajak (read: pasar) mau ditutup loh besok. Kalau nggak percaya, cobalah buka Facebook. Di sana ada tuh beritanya.” Duh Mak, hari gini tuh ada beberapa hal  yang harus kita pegang teguh, di antaranya jangan mudah percaya dengan berita bongak yang belum tentu kebenarannya dan buzzeRp. Di mana itu semua bisa ngebuat kita jadi blunder.

Keempat #Emak Berujung Pilihan
            Emak saya tipikal orang yang sedikit recok, ketika akan membeli barang. Setiap kali blio ingin beli sesuatu dan di saat akan membeli tuh barang, proses memilih dan memilahnya itu ya ampun lama banget (udah kayak milih calon mantu wqwq). Harus yang pas modelnya, harus yang sesuai warnanya dan harus yang agak besar ukurannya. Nah, untungnya Emak saya itu, jarang banget membeli barang (tapi memilih-milihnya itu yang buat saya tensian)

Kelima #Emak Berujung Ngeselin
            Kayaknya hobi Emak-emak itu pada samaan semua ya? Yakni suka membandingkan kadar kesuksesan orang lain dengan anaknya sendiri. Nyatanya rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri. Ada banyak hal yang sering kali blio bandingkan ke saya. Lantas, beberapa kalimat tersebut berhasil membuat saya ngerasa sebal pakai banget.
            “Si A sudah wisuda tuh, anak Mak kapan?”
            “Si A sudah kerja tuh, anak Mak kapan?”
            “Si A sudah jadi PNS tuh. Belajar gih! jangan main terus.”
            “Si A sudah lamaran tuh, anak Mak masa jomlo terus sampai sekarang.”
           “Si A sudah menikah tuh, anak Mak kapan? Jangan lama-lama nikah, entar jadi gadis tuwa loh.”
            “Si A sudah punya anak tuh, anak Mak kapan?”
        Dan enggak jarang, Emak juga membandingkan saya dengan adik sendiri yang nyatanya sedikit lebih baik dari saya. “Liat itu adikmu kerja, kamu masa notebook-an terus dari pagi hingga sore. Memangnya apa yang bisa dihasilkan dari nulis itu haaa?” Sesaat mendengar untaian kalimat yang sedikit nyelekit tersebut, saya cuma bergumam. Ampun deh, ini Emak kok kerjaannya bandingin terus sih. Sabar—sabar. (❤ YD)

Comments

Popular Posts