Sulitnya Menulis yang Bertemakan 'Timeless' di Terminal Mojok


        Sebenarnya ini bukan lebih ke sebuah artikel di mana ada banyak manfaat yang bisa diambil setiap kali membacanya sih. Ini tuh lebih kepada curhatan seorang penulis amatiran di Terminal Mojok. Yang acap kali ngerasa gegana jikalau nggak ada ide di saat pengin nulis dan sudah ngirim artikel, tapi artikelnya ditolak terus oleh pihak redaktur Terminal Mojok (((almarhum))) mylov~
     Semenjak dua artikel saya terbit dalam seminggu di Terminal Mojok, saya makin semangat buat nulis dan ngirim artikel ke sini. Meskipun beberapa kali tulisan saya sempat digantung dan ujung-ujungnya nggak tayang. Tapi, penolakan dari mereka justru menjadikan saya makin belajar sembari wawas diri, kira-kira di mana salah tulisan saya, kok bisa nggak lolos kurasi oleh tim redaktur Terminal Mojok?
          Bercerita tentang nulis di Terminal Mojok, saya kerap kali feeling writer’s block, yakni ngerasa bingung harus nulis apa. Ditambah lagi salah satu admin grup WhatsApp Terminal Mojok pernah bilang, katanya kalau mau nulis itu harus yang temanya ‘timeless’ dan kalau bisa itu ‘related’ banget dengan keadaan sekarang. Sehingga isi dari apa yang kita tuliskan bisa sampai kepada para pembaca Terminal Mojok yang ada di seluruh negara +62.
       Selain itu, saya juga sering ngerasa stuck ketika akan nulis. Isi kepala saya rasanya penuh banget. Padahal nih ya jika diselisik, isi kepala saya tuh banyak kosongnya loh haha. Apakah minimnya minat baca menjadikan saya sering kali ngerasa pening mau nulis apa. Mungkin jawabannya iya kali ya. Kadang kala ngerasa sedikit jealous dengan teman-teman yang bisa banget nulis artikel setiap harinya. Lantas, terbit pula di Terminal Mojok. Hikss -,-
          Nggak jarang setiap menuju senja, saya selalu membaca pesan-pesan yang dikirimkan oleh sesama teman penulis di grup WhatsApp Terminal Mojok. Mereka sering bercerita gini nih, “Alhamdullilah tulisan saya hari ini terbit, padahal barusan dikirim loh tadi pagi.” Huaaah seketika saya pengin mewek. Ya ampun tulisan saya kok nggak terbit lagi ya? Sebegitu susahnyakah menulis yang bertemakan timeless ini?
            Di samping itu, saya juga kagum dengan beberapa penulis Terminal Mojok yang tiap hari ada saja tulisannya yang terbit di sini. Sebut saja Bang Seto yang katanya raja cabe, ada juga Aliurridha, Gusti Aditya, dan Mbak Reni Soengkunie. Saya lekas bertanya ke diri sendiri, “Mereka hebat ya bisa nulis artikel dan tayang pula di Terminal Mojok? Saya juga pengin kali seperti kalian. Sebetulnya, isi kepalanya apa sih?’’ Dan hari ini tulisan mereka terbit (lagi) T_T
           Kabarnya, mereka itu saban hari nulis satu artikel dan setelahnya dikirim ke Terminal Mojok. Biar apa? Biar nggak terlalu nungguin artikel yang belum juga tayang di Terminal Mojok. Sebab sejak hari Senin kemarin, lamanya titimangsa bagi penulis untuk menunggu artikelnya tayang adalah 3 hari. Nah, jikalau 3 hari nggak kunjung terbit jua, siap-siap deh bakalan nerima email penolakan dari tim redaktur Terminal Mojok. Perih.


       Jadi,  beberapa hari yang lalu saya kembali mengirimkan artikel ke Terminal Mojok. Dan ini hari ketiga artikel yang saya kirimkan nggak ada kabarnya. Sementara itu, email penolakan pun belum juga ada di inbox email saya. Apakah artikel saya yang ini akan jadi almarhum juga seperti artikel-artikel yang sebelumnya? Saya senantiasa mencoba posthink mylov. Meski banyak nethink juga sih. Ya kalau almarhum, berarti saya perlu buaaanyak belajar lagi dan lagi.
     Pernah nih ya, saking buntunya, saya mencoba untuk bertanya ke salah satu teman melalui WhatsApp, “Ada punya ide yang bertemakan timeless nggak?” Eh malah dijawab, “Saat-saat bersamamu.” Alih-alih buat ngasih jawaban yang serius, ini justru jawabnya berseloroh. Kesel nggak tuh. Saya lagi butuh saran, dan yang ngejawab nggak ada seriusnya sedikit pun. Btw, saya senyum sendiri pas ngebaca ulang  jawabannya (bucin mode on)
     Setiap kali obrolan di grup WhatsApp Terminal Mojok usai, para teman penulis dan admin sering kali ngirim link artikel sebagai bahan referensi buat nulis artikel katanya. Ada beberapa artikel yang menarik menurut saya, yakni tentang persaingan yang kian sengit. Sepertinya teori Evolusi Darwin tentang seleksi alam berlaku di sini. Siapa yang terus nulis dan ngirim artikel yang bertemakan timeless dan related dengan keadaan sekarang, maka dialah yang berhak nerima 1 poin setiap kali artikelnya terbit.
       Hari ini, saya mencoba mengirim artikel yang sedikit nirfaedah ke Terminal Mojok. Harapannya ya semoga terbit. Tapi, jikalau nggak terbit juga, mungkin saya harus sabar sambil ikhtiar yang banyak buat baca lalu nulis. Saya tuh hanya nggak pengin jadi fatalis tiap kali ngirim artikel ke Terminal Mojok. Kepada Terminal Mojok yang sudah memberikan banyak ilmu tentang dunia tulis menulis, terima kasih banyak yaaa. Lah, kok jadi sendu gini sih cqcqcq. (❤ YD)


PS: Tulisan ini juga gagal tayang di Terminal Mojok :")

Yang pengin tahu banyak tentang ketentuan serta bagaimana kirim tulisan ke Terminal Mojok, silakan klik tautan di bawah ya! :)

Comments

Popular Posts