Punya Tulisan Tangan yang Cantik Itu, Nggak Enak Loh!

Andrea Piacquadio via www.pexels.com
Persisnya entah kapan tulisan tangan saya berubah menjadi rapi dan enak dipandang oleh mata, termasuk mata batin haha. Sebelum saya bercerita panjang kali lebar perihal tulisan tangan saya yang cantik itu (pameeer). Izinkanlah saya untuk flashback sejenak mengenai tulisan tangan saya sembari untuk mengendurkan beberapa ingatan saya di masa lampau, serta demi tercapainya menulis 600 kata di Terminal Mojok :”)
Semenjak SD dari kelas 4 sampai kelas 6, saya ditunjuk oleh guru sebagai sekretaris kelas. Di mana ada baaanyak tugas domestik yang harus dikerjakan, yakni menulis ini dan itu, padahal saya masih bocah ingusan. Ya, sebut saja seperti nulis nama-nama teman saya di absen guru, nulis materi pembelajaran di papan tulis hitam yang masih pakai kapur. Yang mana setelah nulis, seketika tangan dan rok saya jadi putih.
Lebih lagi setiap akhir semester, saya juga berandil di dalam penulisan rapor. Alhasil saya ngerasa nggak surprise lagi ketika tahu saya peringkat berapa di kelas. Terkadang nih ya, guru saya malah nawarin ke guru yang lainnya, agar tugas mereka ditulis oleh saya. Kesel banget nggak sih. Dikarenakan masih kecil dan sesekali timbul rasa bangga kepada diri sendiri setiap kali ada guru yang nyuruh saya, and finally i just do it. Same energy?
Di saat saya menginjak junior high school. Meskipun saya enggak jadi sekretaris kelas (I’m so grateful). Tetap aja sering disuruh buat nulis ke papan tulis. Apalagi di zaman SMP, banyak banget tuh nyatet materi dari A-Z. Beberapa teman saya yang mulutnya agak maju, malahan dia yang ngasih tahu ke guru agar saya aja yang nulis dan gantiin sekretaris buat nulis ke depan. Pengin cari muka ke guru, kok gitu kali ya. Suruh terooos.
Selain itu, di saat ada tugas buat kliping, di mana kami disuruh nulis tentang informasi yang kami peroleh terkait tugas tersebut, tetep saya yang disuruh buat nulis. Padahal ada banyak anggota di sana. Dan lagi saya tetap mau buat nulis itu semua. Entah karena terlalu baik atau memang lagi ngerasa bodrex aja buat nulis itu semua. Katanya nih ya, “Tulisanmu cantik loh. Tulisannya kami cakar ayam semua.” Lah, terus kalian mau manfaatin saya terus, gitu?
Ketika SMA, saya kembali jadi sekretaris dari kelas X-XII. Kebayang dong ya, udah berapa ribuan kata demi kata, kalimat demi kalimat pun juga paragraf yang saya tuliskan, demi ngebantu guru-guru dan teman-teman saya di sekolah. Kadang kala saya bahagia bisa ngebantu mereka. Tetapi, adakalanya saya juga ngerasa dongkol di saat teman-teman saya banyak komplainnya ketika saya sedang nulis di papan tulis.
“Eh itu apa ya? Kok nggak jelas gitu tulisannya.”
“Eh, tulisannya jangan kecil kali dong, agak rabun nih.”
“Eh, tulisannya naik gunung tuh.” (dan auto nyanyi dong mereka) -.-
Ya elah, udah dituliskan masih sempat-sempatnya nge-bully tulisan saya. Hmm dasar teman-teman nggak berakhlaki ya. Katanya IPA-Selamanya, ini justru  ngejekin teman sendiri yang udah ngerasa capai. Bantuin kali saya nulis di sini. Kumenangysss T_T
Bahkan untuk menulis hal-hal sederhana pun seperti nulis nama dan kelasnya sendiri di cover buku barunya yang nggak seberapa itu, harus saya juga yang nulis. Sebal tiap kali mengingat kenangan itu. Segitu penginnya ya tulisan saya ada di buku kalian-kalian? Nge-fans banget ya dengan tulisan tangan saya haaa?
            Kejadian ini terus berlanjut hingga di bangku perkuliahan. Di mana saya juga dipilih menjadi juru tulis ketika harus menulisi hal-hal yang sebenarnya nggak begitu penting untuk ditulisi pun juga ditangisi (ini apaan sih?). Biasanya pas di awal minta tolong, nada mereka itu, duh lembutnya ya ampuuun dan seketika ngerasa jijique. Ngerilah memang kalau ada maunya itu ya, cqcqcq.    
Adakalanya saya juga ngerasa aneh, kok bisa tulisan tangan saya rapi dan sebagus ini. Apakah pengalaman menjadi sekretaris kelas sedari bocah hingga tua dan belum meniqa menjadikan tulisan saya cantik? Saya rasa sih iya haha. Percayalah punya tulisan cantique itu, ada banyak dukanya ketimbang sukanya. Again, saya harus tetap bersyukur, lantaran pengalaman menulis tangan tersebut menjadikan tulisan saya tetap cangtip hingga sekarang.
      Terakhir dan untuk selamanya, teruntuk siapa pun yang sering kali ngebatin ngeliat tulisannya yang nggak ada rapi-rapinya sedikit pun. Kalian tuh hanya kurang latihan nulis aja. Practice makes perfect gengs! Jika sudah sering latihan nulis dan tulisan tangannya masih jelek juga, itu artinya kalian belum mujur sih dengan tulisan tangan yang cangtip dan enak dipandang oleh mata. PAHAM, kan? Btw, mumpung #dirumah aja, terus baca dan terus nulis ya para pencinta literasi. (❤ YD)

PS: Tulisan nirfaedah ini gagal tayang di Terminal Mojok :")

Comments

Popular Posts