Kelas Gratis di YouToube untuk yang Gagal Lolos Kartu Prakerja. Yok Bisa Yok!


Hari Jum’at kemarin tanggal 17 April 2020, yakni pukul 10.00 WIB, pengumuman kartu prakerja untuk gelombang pertama telah resmi dirilis. Pengumuman kelulusan dapat diketahui melalui sms notifikasi yang dikirim oleh pihak penyelenggara. Sementara itu, saya yang juga ikutan join dengan nih program, hingga pengumuman gelombang pertama resmi dirilis, saya belum juga menerima sms tersebut.
Disebabkan belum juga menerima sms notifikasi dari mereka, saya iseng untuk login kembali di akun kartu prakerja saya. Setelah proses log­in selesai dengan menggunakan email dan password yang saya gunakan pertama kali buat daftar ke sana, ternyata di akun saya sudah tertera pengumuman dengan sebuah kalimat yang ber-background-kan warna merah. Tulisannya adalah “Kamu belum berhasil.”
Melihat sepenggal kalimat di sana, yang menyatakan bahwa saya belum bisa bergabung pada program kartu prakerja gelombang I, saya berpretensi untuk tetap stay cool dan nggak melow. Mencoba untuk menyemangati diri sendiri sebab masih ada pendaftaran pada gelombang berikutnya. Ya, mulai Senin, 20 April pukul 10.00 WIB pendaftaran kartu prakerja gelombang II kembali dibuka hingga tanggal 23 April pukul 16.00 WIB.
Jika diselisik ulang ke belakang, peluang untuk lolos seleksi program kartu prakerja rasanya kecil sekali. Dilansir dari CNBC, pendaftar kartu prakerja pada gelombang I sebanyak 5.965.048 orang. Sedangkan peserta yang diterima pada tahap ini hanya 200 ribu orang, yang sebelumnya cuma 164 ribu orang. Nah, jika diubah ke dalam persentase, yang lolos untuk tahap ini sekitar 3,3% dari jumlah keseluruhan orang yang sudah mendaftar. Kebayang dong ya banyaknya orang yang harus dibuang pada gelombang I.
Pendaftaran kartu prakerja dibuka setiap minggunya sampai minggu keempat pada bulan November 2020 mendatang. Untuk yang belum lolos pada gelombang I, masih ada gelombang berikutnya  buat ikutan. Seumpamanya gelombang berikutnya juga gagal, coba lagi, dan coba lagi sampai gelombang terakhir, hingga tibalah sms notifikasi masuk ke ponsel kalian, “Kuota lokal 2G/3G/4G kota tertentu pkt XTRA Combo Anda sdh habis.” Hehe.
Di samping itu,  program kartu prakerja juga bekerja sama dengan 8 platform yang bisa dipilih ketika dinyatakan lolos seleksi. Di antaranya, yaitu Tokopedia, Skill Academy, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir dan yang terakhir Sisnaker. Jika lolos, kalian dapat memilih kelas pelatihan yang sesuai dengan passion kalian tentunya. Beberapa keuntungan yang akan diperoleh ketika dinyatakan lolos seleksi, yakni:
1. Saldo pelatihan sebesar Rp 1.000.000
2. Insentif Rp 600.000/bulan (selama 4 bulan)
3. Saldo Rp 50.000/bulan (selama 3 bulan) jika sudah mengisi survei keberkerjaan
Melihat berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh program kartu prakerja, siapa sih yang nggak tergiur buat daftar nih program, apalagi di tengah wabah Covid-19 yang membuat beberapa orang terpaksa dirumahkan dan yang lebih sedihnya lagi hingga di-PHK dikarenakan perusahaan tempatnya bekerja selama ini terpaksa harus gulung tikar.
Seperti biasanya, sebagai seorang yang cinta akan platform Twitter, setiap malamnya saya selalu mencoba scrolling berita di sana. Baik yang buat saya ngakak so hard hingga bikin saya emosi di saat membacanya. Tadi malam itu, saya nemuin sebuah utas menarik di Twitter yang dibuat oleh akun @ridwanhr berikut dengan rangkaian kalimat yang menyejukkan hati, bagi siapa jua yang belum lolos kartu prakerja.
Hingga tanggal 19 April 2020, utas yang dibuat oleh beliau, telah di-retweet oleh 20 ribu orang dan disukai oleh 47 ribu orang. Prolog dari utasnya kira-kira begini, “Buat temen-temen yang nggak lolos dapet kartu prakerja, jangan berkecil hati. Berikut adalah channel-channel YouTube yang kamu bisa akses gratis untuk belajar. A thread.” Silakan disimak dan jangan lupa sediakan kuota internet yang banyak ya~
Pertama, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana teknik di dalam merekam sebuah video, lalu mengeditnya dan menjadikannya sebagai hasil akhir video yang ciamik, kalian bisa mengunjungi lalu belajar melalui akun YouTube-nya Anjas Maradita yang diberi nama dengan Daunet Films.
Kedua, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Agung Hapsah.
Ketiga, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi Photoshop, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Lincung Studio.
Keempat, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara membuat usaha di bidang kuliner dengan modal yang relatif kecil serta bisa dijual setelahnya, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Agus Cuguy.
Kelima, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana berkebun dengan lahan terbatas yang bisa dilakukan dari rumah dikarenakan self quarantine yang makin hari kian ngebosenin, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya HIDROPONIKPEDIA.
Keenam, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi programming, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Web Programming UNPAS.
Ketujuh, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi Autocad, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Bhimadesign.
Kedelapan, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana tips dan trik lolos interview kerja, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Eza Hazami.
Kesembilan, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara memasak supaya memikat hati calon Mas suamik maupun balon Ibu mertua, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Masak.TV.
Kesepuluh, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara make up ala-ala selebritas, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya mereka semua. Banyak sih option-nya di sana. Kalian pilih sendiri saja ya. Sudah besar dan mau menikah, kan?
Kesebelas, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara woodworking atau bikin furnitur kayu, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya HobiKayu.
Kedua belas, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara berjualan online sekaligus menggunakan iklan online, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Mahir Ngiklan.
Ketiga belas, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara mahir Microsoft Excel, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Excel-ID.
Keempat belas, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara menjahit, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Rajinrapi Tailor. Atau kalian juga bisa belajar dengan Ibu saya yang juga seorang penjahit sedari dulu hingga sekarang.
Kelima belas, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana public speaking yang baik dan benar, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Hai Irene.
Keenam belas, untuk yang pengin belajar tentang bagaimana cara menggunakan coding, kalian bisa belajar melalui akun YouTube-nya Sekolah Koding.


Ini adalah beberapa channel belajar gratis di YouTube yang bisa kalian pilih sepuasnya untuk menemani selama masa #dirumahaja. Meskipun tiada e-certificate dan uang insentif yang akan diperoleh di akhir. Gapapa ya? Gapapa ya, kan?
        Selain itu, bagi yang kadung berwiraswata dan sekarang usahanya lagi sunyi, sepi, senyap, dikarenakan nggak adanya pembeli, mungkin kalian bisa cobain salah satu adat istiadatnya anak Twitter ketika tengah butuh bantuan, yakni, TWITTER, PLEASE DO YOUR MAGIC!” Dan jangan lupa untuk di-mention semua influencer, selebgram, YouTuber, yang kalian kenal. Kalau perlu para petinggi di negara +62 sekalian. Wish you luck and never fear ya! (❤ YD)

Comments

Post a Comment

Popular Posts