Halaman 365

www.pexels.com

         Sebenarnya tidak ada yang penting-penting banget untuk dituliskan kali ini. Hanya saja otak terus menerus menyuruh untuk menulis dan menulis. Katanya, ini adalah hari terakhir di tahun 2019 dan sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja tanpa menghasilkan sebuah tulisan. Bahkan di saat ia sedang menuliskan ini, ia sendiri tidak tahu pasti tentang apa yang akan menjadi topik utama ditulisan yang sekarang.
            Di penghujung tahun ini, begitu banyak kejadian serta peristiwa sepanjang 2019 yang telah ia tuangkan melalui tulisan. Perihal kalian menyukai atau tidak tentang tulisan-tulisannya, tidaklah mengapa baginya. Ia hanya ingin mengabadikan setiap peristiwa yang telah terjadi di hidupnya baik itu melalui gambar maupun tulisan. Kelak ini akan menjadi kenang yang mungkin suatu hari nanti dapat diulang kembali olehnya hanya dengan membaca cerita-cerita yang telah ia tuliskan. Hari ke 365 di tahun 2019 akhirnya telah tiba. Semuanya terasa begitu cepat sekali berlalu. Semua suka dan duka telah dilaluinya dengan begitu baik dan apik. Ia berterima kasih sekali untuk semua pelajaran yang telah dilewati sepanjang tahun ini.          
Di tahun ini ia menyaksikan begitu banyak pencapaian yang telah diraih oleh beberapa temannya. Bahagia pasti melihat segala pencapaian yang telah mereka raih. Terkadang sesekali juga timbul rasa sedih dan bahkan muncul rasa iri dikarenakan ia belum (bisa) memiliki pencapaian seperti mereka. Katanya jangan bandingkan prosesmu dengan orang lain, karena tak semua bunga tumbuh dan mekar bersamaan. Allah tak menyegerakan sesuatu, kecuali itu yang terbaik. Dan tidak melambat-lambatkan sesuatu kecuali itu yang terbaik. Kalimat tersebut memang sangat benar adanya. Tetapi, apalah daya ia hanya seorang manusia yang acap kali merasa jealous ketika melihat segala pencapaian mereka.
Mungkin segala sesuatu yang mereka tampilkan di media sosial adalah hanya untuk menuangkan rasa bahagia terhadap semua pencapaian yang telah diraihnya. Kita sendiri bahkan tidak pernah tahu sekeras apa usaha dan doa mereka selama ini hingga akhirnya mereka bisa meraih itu semua. Hanya saja ada segelintir orang dan bahkan tidak terkecuali ia sendiri, seketika itu juga merasa iri di saat melihat itu semua. Sedih, kan? Semengerikan itu ternyata rasa iri yang ada di hatinya. Meskipun demikian, ia selalu mencoba untuk menganggap segala pencapaian yang telah mereka raih sebagai sebuah cambuk untuknya.
Di tahun ini, begitu banyak kisah keberhasilan teman-teman yang telah ia ketahui hanya dengan melihat setiap unggahan mereka di media sosial. Keren, kan? Tanpa bertukar kabar terlebih dahulu, ia tahu mereka telah berhasil di sini, dan juga di sana. Dimulai dari melihat unggahan beberapa temannya yang akhirnya dilamar oleh sang kekasih setelah sekian tahun berpacaran semasa perkuliahan. Hingga akhirnya dia resmi menikah dengan kekasihnya dan tidak lama kemudian terdengar kabar bahwa temannya kini tengah mengandung seorang anak dari hasil buah cintanya dengan sang suami. Dan lagi kabar bahagia selanjutnya ketika temannya juga dinyatakan lulus CPNS. Lengkap sudah kebahagiaan yang telah diperoleh temannya di tahun ini. Terkadang sesekali ia melihat unggahan temannya yang masih saja tidak bersyukur padahal Sang Pencipta sudah sangat dan teramat baik dengan temannya.
Dan lagi cerita berikutnya yakni ketika melihat unggahan temannya yang tengah sibuk mengurus beberapa berkas seperti ijazah, surat keterangan berbadan sehat, skck dan lain-lainnya. Meskipun di status tersebut, temannya jarang sekali untuk menuliskan caption-nya. Tetapi, ia tahu bahwasannya temannya tersebut adalah salah satu peserta yang dinyatakan lulus CPNS di tahun ini. Setiap kisah dan cerita yang temannya bagikan di media sosial, ia hanya bisa berucap “Ladies, you deserve it.
Bahkan ada salah satu temannya yang tidak pernah memublikasikan siapa kekasihnya selama ini, dan tiba-tiba saja ia sudah dilamar oleh pujaan hatinya. Ada yang hanya mengunggah gambar lambang korpri berikut dengan name tag  di media sosialnya dan ia juga tahu bahwa temannya ini juga dinyatakan lulus CPNS. Setiap cerita yang temannya unggah terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja olehnya dimulai dari temannya mendapatkan SK, Latsar CPNS dan hingga akhirnya resmi menjadi 100% PNS tanpa ada embel-embel huruf C di depannya lagi. “You guys were cool.”
Ada yang berhasil mengajar di sekolah favorit. Ada yang dulunya kurus semasa perkuliahan dan sekarang semakin makmur semenjak tidak lagi menjadi sobat missqueen. Ada yang semakin mendekatkan diri kepada-Nya dan ia senang melihat perubahan yang telah dipilih oleh temannya tersebut. Ada yang tengah asyik-asyiknya menikmati proses kehamilannya yang sungguh bahagia sekali ketika ditanya bagaimana kabarnya dan calon buah hatinya.
Cerita berikutnya yakni, ada yang dulu begitu sering berfoto dengan kekasihnya dan sekarang tidak pernah lagi terlihat mengabadikan fotonya dengan sang kekasih. Dan beberapa kali ia pernah melihat temannya membagikan beberapa kiriman yang sedikit sedih tentang sebuah hubungan di media sosialnya. Tetapi, ah sudahlah. Mungkin itu hanya perasaannya saja ketika melihat unggahan temannya tersebut. Ada yang sudah lulus kuliah dan hingga detik ini belum memperoleh pekerjaan sekalipun sudah banyak ikhtiar dan doa yang telah temannya lakukan. Dan yang paling menyedihkan di tahun ini adalah di mana salah satu temannya semasa kuliah telah kembali berpulang kepada-Nya. Semoga segala amal kebaikan yang ia lakukan selama di dunia diterima oleh-Nya. Dan terakhir ada yang sudah setahun lebih menjalani long distance relationship dengannya dan tidak tahu sampai kapan akan bertemu kembali.
Tahun ini adalah tahun di mana menyaksikan segala pencapaian yang telah ia dan teman-temannya peroleh. Meskipun pencapaian yang telah ia raih tidak sekeren dan sebagus teman-temannya. Tak mengapa, ia hanya disuruh berusaha dan berdoa juga bersabar lebih banyak lagi. Tahun ini adalah tahun di mana, ia belajar begitu banyak arti. Tahun ini adalah tahun di mana ia begitu menjaga hati dengan hati-hati. Tahun ini, adalah tahun di mana ia memutuskan untuk berani ke luar dari zona nyamannya meskipun di awal orang tuanya tidak mengizinkan. Semoga segala keputusan yang telah ia ambil di tahun ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan di tahun berikutnya. Kelak semua suka dan duka yang telah ia lalui di tahun ini  agar dapat dijadikan sebagai pelajaran untuk menjadi lebih berarti lagi.
Teruntuk kalian semua yang telah menjadi sumber referensi terbaik untuknya sepanjang tahun  ini, terima kasih banyak. Dan sekarang saatnya menuliskan epilog untuk cerita dua ribu sembilan belas. Semoga semua cerita baru kita di tahun berikutnya bekerja sesuai dengan rencana yang diinginkan. Meskipun kita tahu pasti bahwa Allah SWT adalah sebaik-baik pembuat rencana untuk hambanya. Terima kasih diriku, aku mencintai pun juga mengasihimu selalu. (❤ YD)



Comments

Popular Posts