Singkat teramat lalu manis tersangat



          Sebelum cerita tentang refleksi diri saya dimulai, izinkan saya bercerita yang lainnya terlebih dahulu. Setelah beberapa minggu libur lebaran di kampung halaman tercinta juga tersayang dan sekarang tibalah bagi saya kembali ke Medan untuk melanjutkan segala macam aktivitas yang akan saya lakukan kelak seperti PPL, PTK dan UTN tentunya. Saya pulang ke Medan bertepatan pada tanggal 27 Juni 2018 di mana beberapa daerah di Indonesia sedang melaksanakan pesta demokrasi dan tidak terkecuali provinsi dan kabupaten tempat saya tinggal. Yah di daerah saya sedang diadakan pesta demokrasi yakni pemilihan gubernur dan bupati. Setelah selesai mencoblos para calon yang menurut saya amanah nantinya (semoga) saya bergegas untuk siap-siap pulang ke Medan. Saya pulang ke Medan tepat setelah selesai sholat zuhur dengan menaiki bus Sartika (bukan sambal teri kacang ya) saya pamit kepada ayah, ibu dan adik-adik tentunya sembari meminta do’a dari mereka semua agar kuliah saya dilancarkan hingga selesai bahkan hingga saya bertemu dengan jodoh, haha 😂. Bus mulai melaju kencang dan sekarang saatnya untuk pulang ke Medan, siap tidak siap saya harus siap sebab ada banyak tugas yang telah menanti dipundak saya (ciee ngomongin pundak) terlebih lagi harapan kedua orang tua yang teramat besar kepada saya. Teruntuk ayah dan ibu do’akan saya agar terus dapat berbakti kepada kalian semua (duhh baper). Setelah setengah perjalanan dilalui, saya menerima sebuah pesan whatsapp dari seseorang yang sedikit (selalu) saya tunggu pesannya haha 😒. Isi pesannya seperti ini “Bawa baju pramuka, sama kacu, sama celana/rok pramuka.” Lantas langsung saya balas pesan tersebut dengan singkat “Buat apa?” dan ternyata jawabannya jauhhhhhh (LDR keleus) lebih singkat, haha “KMD.” Lagi kata setelah digunakan (minim kosakata sekali sayaaa) Setelah bercerita panjang lebar di whatsapp perihal informasi KMD yang akan dilaksanakan sesegera mungkin walau informasi resmi dari ibu asrama belum ada pada waktu itu. Dikarenakan rasa bingung yang teramat dalam saya memberanikan diri untuk bertanya via whatsapp kepada ibu asrama perihal kegiatan KMD dan benar saja seperti yang dikatakan abang pusat informasi yang tadi bahwasannya sebentar lagi akan diadakan KMD yakni pada tanggal 1-3 Juli 2018 dan 10-12 Juli 2018. Nah, berdasarkan informasi yang saya terima dari ibu asrama adalah kami harus menggunakan pakaian pramuka lengkap termasuk juga kacunya, duh seketika merasa sedikit geram dikarenakan harus mencari baju pramuka lengkap. Jika saya minta dengan ibu untuk beli atau menjahit bajunya pasti si ibu merepet panjang x lebar (rumus luas persegi panjang wqwq) dan saya takut sekaligus segan kepada beliau. Alhasil dengan kekuatan tenaga dalam yang telah terkumpul penuh saya memberanikan diri untuk bertanya kepada beberapa teman saya yang ada di Medan dan taraaaaaaa baju pramukanya telah ditemukan (kek mencari benda yang hilang saja ya 😁) Alhamdulillah sekali rasanya. Teruntuk kalian yang sudah meminjamkan baju pramukanya kepada saya, saya do’akan rezekinya semakin lancar dan tentunya lekas bertemu dengan jodoh (efek umur yang sudah seperempat abad ya gini) haha.
            Akhirnya tanggal 01 Juli telah tiba itu artinya KMD segera dimulai dan dengan pakaian lengkap menggunakan baju pramuka serta kacu dkk hasil pinjaman, jadilah saya dan teman-teman mengikuti serangkaian acara KMD pada hari pertama. Para mahasiswa/i baik itu PPG SM3T atau PPG PRA JABATAN Bersubsidi dikumpulkan didalam satu ruangan yakni ruangan serba guna UNIMED. Semua tiba di lokasi dengan pakaian rapi baik itu untuk para laki-laki maupun untuk perempuan ditambah lagi dengan lipstick merahnya agar terlihat bagus ketika difoto haha. Selain itu para peserta juga tidak lupa untuk mengabadikan beberapa momen dengan cara take a selfie or wefie picture dan termasuk saya sendiri melakukan sesi foto wefie yang dipandu oleh Miss Nashroh walau lipstick saya tidak secetar Miss Nashroh haha (Nash, maafkeun saya ya). Upacara pembukaan KMD (Kursus Mahir Dasar) resmi dibuka oleh bapak wakil rektor UNIMED (saya lupa wakil rektor keberapa pada waktu itu) serta salam perkenalan dengan beberapa kakak pembina Pramuka dari Pusdiklatda Sumut yang nantinya akan melatih kami semua. Sebelum kegiatan KMD yang bertemakan outdoor dimulai, kami terlebih dulu melakukan pre test yang berkaitan dengan pramuka dan soalnya lumayan sulit dikarekan saya sama sekali tidak tahu menahu perihal pramuka (mungkin saya saja yang sedikit wqwq). Yah apapun itu semoga hasil ujiannya bagus.
            Sekarang saatnya untuk melakukan kegiatan outdoor tentang pramuka dimana kami semua dipandu oleh kakak-kakak pembina yang kece walau umur mereka sudah tidak lagi muda tetapi semangat mereka semua patut untuk dijadikan contoh. Setelah menyanyikan serangkaian lagu pramuka untuk pembagian kelompok maka saya mendapatkan regu B di mana ketua regunya adalah abang-abang yang memberikan saya informasi kemarin perihal KMD haha. Saya satu kelompok dengan Anggen, Chrishna, kak Angel,  kak Desi (jurusan Bahasa Inggris), kak Zita, kak Devi, Lorianne (mereka semua dari jurusan Matematika) dan satu lagi kak Valen (dari jurusan PGSD). Untuk nama kelompok kami dalam pramuka siaga ini adalah blue sky (pronunciation : blueskaiiiihhh plus dengan desahannya si Anggen haha) yang diketuai oleh Anggen dan ini cukup membuat kelompok kami sedikit famous (duhh pedenya) dikarenakan suara Anggen yang cukup menggoda ketika mengucapkan kata “Blue skaiiiihhh.” Selama KMD kami diajarkan banyak ilmu perihal pramuka baik itu sejarah singkat pramuka maupun lagu-lagu pramuka yang cukup membuat saya tertawa sendiri ketika akan menyanyikan lagu tersebut haha. Selain itu kami juga diajarkan bagaimana melakukan upacara pembukaan maupun upacara penutupan dalam pramuka tergantung tingkatannya. Dan ini adalah ilmu yang sangat luar biasa yang telah kami peroleh dari kakak-kakak pembina. Hingga hari ketiga KMD yakni pada tanggal 03 Juli ada banyak lagu bahkan ilmu yang telah kami terima walau terkadang saya lupa sendiri (maklum sudah tuwa tuwa wqwq) dalam mengingat lagu tersebut dikarenakan banyaknya lagu bahkan tepuk yang telah diajarkan kepada kami semua. Hari ketiga KMD telah usai dan itu artinya kami akan melaksanakan perkemahan pramuka yakni tepat pada tanggal 10-12 Juli bertempat di lapangan serbaguna UNIMED. Sebelum pisah sementara tiba maka kami semua melakukan sesi foto dengan para kakak pembina yang baik budinya bahkan salah satu nama kakak pembina kami ada yang bernama Nursyahbudi Setiawan dan beliau sangat antusias dalam mengajarkan kami semua tentang pramuka. Sesi foto bersama dimulai dan jadilah bermacam-macam gaya yang tercipta baik itu gaya yang imut-imut hingga gaya yang amit-amit juga jijiq sekalipun haha. Sesi foto usai dan sampai bertemu lagi pada tanggal 10 Juli di tempat yang sama teman-teman.

*****
            Hari ini adalah hari Selasa yakni tanggal 10 Juli 2018 dan itu artinya kami akan segera melakukan perkemahan pramuka di lapangan serbaguna UNIMED. Setelah tiba di kampus dengan pakaian training serta dengan membawa tikar yang akan dijadikan alas tidur nantinya tibalah segala kerempongan terjadi di mana-mana dan itu sepertinya asik haha. Ketika semua anggota telah berkumpul dan sekarang saatnya untuk mendirikan tenda dan Alhamdulillah kami memperoleh tenda yang bisa dikatakan lumayan bagus. Tenda sudah berdiri dengan kokoh selanjutnya mengikuti serangkaian kegiatan baik itu presentasi, upacara maupun bernyanyi lagu-lagu pramuka. Nah, untuk makan siang selama perkemahan, kami semua rantangan (padahal tidak ada rantang wqwq) dengan pihak UNIMED di mana kami telah membayar uang sebesar Rp 56.000 untuk 7 x makan. Jikalau saya boleh bercerita sedikit jujur makanannya kurang enak menurut saya terlebih lagi ketika makanannya pada waktu itu berlaukkan ikan lele dan seketika saya sedih (hiksss) dikarenakan saya tidak suka teramat dengan ikan lele (maafkan saya). Akhirnya serangkaian kegiatan untuk hari pertama usai dan sekarang saatnya mandi dan mandi merupakan salah satu kegiatan yang bisa dikatakan siapa cepat dia dapat dikarenakan ada banyak orang yang akan mandi dan tentunya antri. Untuk hari pertama saya mandi di mesjid UNIMED bersamaan dengan kak Rabi dan Nashroh (squad wqwq). Ketika selesai maghrib hujan turun dengan sangat derasnya (seseorang pernah bilang kesaya, bahwasannya di dalam hujan terselip salam rindu, tekniq gombal yang sangat biasahhh wqwq) dan jadilah kami semua mengungsi untuk pindah tidur sebab tenda-tenda yang telah kami dirikan basah terkena air hujan. Alhasil kami semua tidur di depan gedung serbaguna dengan beralaskan tikar seadanya (duhhh dingin sekalihhh).
            Hari kedua KMD tiba dan tentunya dengan serangkaian kegiatan yang padat merayap (jalan tolkah?). Nah, untuk malam ini kami akan melaksanakan kegiatan api unggun serta ulang janji di mana kami semua akan melafalkan Tri Satya di depan bendera merah putih sembari mencium bendera tersebut, ini merupakan salah satu kegiatan sebagai penentu lulus tidaknya kami dalam mengikuti kegiatan KMD ini. Tibalah giliran saya dalam melafalkan Tri Satya dan jujur saya gugup teramat dikarenakan ramainya yang mendengar juga karena ada abang pusat informasi di sana haha dan alhasil saya tercekik ketika mengucapkan bagian tengah Tri Satya, lantas sesuai dengan arahan kakak pembina saya harus mengulang sekali lagi dan Alhamdulillah kali keduanya saya lancar mengucapkan Tri Satya. Untuk regu B ada 4 orang yang harus megulang kembali dari awal dalam pengucapan Tri Satya. Teruntuk kalian harus tetap semangatzzzZ ya. Pelafalan ulang janji selesai dilakukan sekitar pukul 02.00 WIB dinihari dan saya sangat mengantuk (sekali, bagi, kurang, tambah lalu sama dengan) pada waktu itu. Kami semua kembali dihadapkan dengan kegiatan berikutnya yakni kami harus berjalan sambil berpasangan dengan teman sebelah pada saat dibarisan sembari bergandengan tangan untuk mengelilingi UNIMED serta kami semua disuruh untuk merenung atas apa-apa yang telah kami peroleh selama ini. Jujur pada saat itu saya (semua juga keleus) sangat mengantuk juga capek tapi apa boleh buat ini adalah perintah dari ibu asrama yang tentunya harus dilakukan. Kegiatan merenung sembari berjalan mengelilingi UNIMED berakhir pada pukul 03.05 WIB dinihari dan rasanya sangat melelahkan sekali. Berhubung di tenda sedikit panas serta  padat dan sebentar lagi juga akan tiba waktu subuh jadilah saya dan kak Rabi kembali mengungsi untuk pergi tidur dan kali ini yang menjadi pilihan kami adalah mesjid UNIMED (mana tahu bertemu jodoh di sana, yakan kak Rabi? haha). Sesampainya di sana kami mandi terlebih dulu baru memutuskan untuk tidur walau itu hanya satu jam sembari menunggu adzan subuh berkumandang.
            Hari ketiga KMD yakni tanggal 12 Juli dan itu artinya sebentar lagi KMD usai juga selesai dan kami semua bisa pulang ke rumah masing-masing (senangnyaaa). Bahkan hari ketiga ini terasa lebih cepat saya rasa dikarenakan serangkaian kegiatan yang telah kami lakukan dan sekarang tibalah saatnya untuk melakukan upacara penutupan KMD di halaman gedung serbaguna yang mana kegiatan ini ditutup oleh wakil rektor 3. Sebelum upacara penutupan dimulai, kami semua diberikan beberapa informasi perihal hasil kelulusan KMD yakni untuk anak PPG SM3T ada 1 orang yang dinyatakan tidak lulus dan teruntuk anak PPG Prajabatan Bersubsidi ada 1 orang yang dinyatakan tidak lulus dan 2 orang dinyatakan lulus secara bersyarat. Siapapun itu yang dinyatakan tidak lulus semoga kita semua kuat dan tentunya tetap semangat. Upacara penutupan KMD selesai dan itu artinya sekarang untuk pulang ke rumah yang telah ditinggalkan selama beberapa hari. Dan seperti biasanya sebelum pulang kami semua menerima beberapa nasihat (we-jangan) dari ibu asrama yakni untuk tetap fokus (kalau kata abang idealis dikelas "Students : focus, serious, our success" wqwq) dalam kegiatan PPG ini serta ibu asrama juga akan memberikan kami oleh-oleh untuk dibawa pulang kerumah tercintahh yakni berupa tugas  refleksi diri juga kristalisasi selama 6 hari mengikuti kegiatan KMD seperti yang sedang saya kerjakan dan juga kalian baca sekarang.
            Teruntuk UNIMED yang telah melaksanakan kegiatan KMD ini terima kasih banyak atas kesempatannya yang telah diberikan kepada saya dan teman-teman sungguh ini sangat berharga sekali juga berkali-kali. Teruntuk kakak-kakak pembina pramuka yang selalu sabar dalam melatih kami semua terima kasih banyak atas segala ilmunya yang telah diajarkan kepada kami semua sungguh ini akan selalu saya ingat terlebih ketika saya menjadi pembina pramuka kelak di tempat saya mengajar (Aamiinn kan weii). Teruntuk ibu Asrama, ibu Nurhayati terima kasih banyak atas kesabaran ibu dalam mendidik kami semua walau terkadang kami selalu saja terlihat menjengkelkan bahkan sedikit membangkang (hongkang) kepada ibu, dan ibu tetap sabar dalam menghadapi kami semua terlebih lagi ketika ibu mengeluarkan kata "Halooooo" kami semua sontak merasa takut dengan kata itu. Semoga ibu selalu sehat serta tetap jaga kesehatan ibu ya. Teruntuk teman-teman semua, baik itu teman baru maupun teman lama terima kasih banyak atas semua pertemanan singkatnya ini, sekalipun itu singkat teramat tapi percayalah kalian manis tersangat diingatan saya. Semoga kelak kita semua dipertemukan kembali dan tentunya dengan gelar Gr yang sedang kita perjuangkan sekarang (Aamiinn). Yakinlah, tiada usaha yang mengkhianati hasil. Jangan sinis sebab ada manis jika optimis (duhh berasa jadi motivator yang super kaweeeee wqwq). Teruntuk abang (pusat informasi) yang telah memberikan informasi perihal KMD walau sedikit mendadak 😒 terima kasih sekali dan berkali-kali semoga kelak harapan kita semua menjadi kenyataan yakni mencetak generasi emas di tahun 2045. (❤ YD)
                                   
                                                                                             

Comments

Popular Posts