Senam yang berenam

    Saturdate (no, i mean Saturday) is coming dan itu artinya weekend telah tiba dan jadwal senam pun akan segera dimulai, semangat :D. Senam pagi ini diawali dengan suasana yang sedikit basah dikarenakan rintik hujan yang turun membasahi bumi, kalau kata lirik lagunya Dialog Dini Hari, ini ya "tanah basah hujan reda gerimis sisa." Saya tiba di kampus pada pukul 08.00 WIB dengan menaiki Grab dan rencananya turun di gerbang FMIPA. Setibanya di gerbang FMIPA ternyata gerbangnya masih tutup (huhu) alhasil saya bermohon kepada pengemudi Grabnya untuk membawa saya lagi ke depan gerbang Mesjid UNIMED. Setelah tiba di depan gerbang Mesjid UNIMED saya langsung membayar ongkos Grabnya sebesar Rp 4.000,. begitu uang tersebut saya serahkan kepada beliau, si bapak langsung bilang "Gak usah dek, dua ribu aja kau bayar ongkosnya, dekatnya bapak antar kau tadi." Dalam hati saya becakap-cakap seperti yang di film-film itu Alhamdulillah si bapak baik juga, gak berkurang ni duit pikir awak ya kan hahaha. Ketika kaki semampai ini mulai melangkah masuk ke gerbang UNIMED, saya bertemu dengan teman sekelas yakni Miss Jelita kalau kata Prof. Zainuddin kemarin Jelita itu adalah jelang lima puluh tahun (Mbak Gel, maaf ya :D ). Sepanjang perjalanan menuju Biro Rektor UNIMED tempat diadakannya senam kamipun bercerita dan tak lupa Miss Jel-ly menanyakan gimana keadaan saya sekarang, "Udah sehatnya kau Yul?" So sweet kali ya punya teman yang perhatian kuterharu(h) lalu kuterjatuh :D
    Senam segera di mulai dan sepertinya hari ini para peserta agak terlambat datangnya mungkin mereka terkena hujan atau bisa jadi mereka semua terjebak dikenangan masa lalu yang membuat mereka semua susah move on soalnya mereka move off terus sih. Kalau saya sudah move on ya soalnya saya datangnya tidak terlambat hahaha :D. Nah posisi senam hari ini agak sedikit jauh dari para instruktur senam dikarenakan posisi senam 2 minggu yang lalu sudah diisi oleh peserta PPG yang lainnya. Tapi kalau hati saya sekarang masih kosong ya (nah hubungannya apaa Yull??) baper ae terus ya. Musik senam sudah dihidupkan dan senam di mulai dengan instruktur yang sedikit gemulai tapi bapak itu tidak lalai dengan tugasnya (amanah). Posisi senam saya kali ini bersebelahan dengan Kak Rab(i) yang sedikit tomboy seperti saya dan Miss Jelita. Kak Rab(i) pun juga menanyakan gimana keadaan saya sekarang, "Udah sehatnya kau Yul?" lalu saya jawab "Udahlah kak, udah kusuk semalam, abis duit awak tiga puluh ribu kak." Lalu si kakak tertawa hahaha.
    Temans ayo semangat senamnya satu, dua, tiga, empat lanjutkan hitung sampai sepuluh ya hahaha. Gerakan senam semakin lama semakin atraktrif dan lincah, kak Nurul dan kak Siska jago kali ya gerakan senamnya. Semakin lincah mereka senam maka semakin sulit saya mengikuti gerakan mereka, maaf ya kak. Saya gitu memang orangnya gak lincah kalau soal urusan senam-senam seperti ini. Ada rasa sedikit lucu sih ketika mengikuti senam untuk yang kedua kalinya karena soundtrack lagu senamnya itu sangat waw sekali seperti lagu india, lagu barat, lagu dangdut sampai lagu terbaper sekalipun. Coba kalau senamnya diiringi lagu Mardua Holong  yang lagi viral itu pastilah mereka semua pada bernyanyi tak terkecuali saya sendiri apalagi pas lirik lagunya yang seperti ini "Sae ma ito, sae ma sude, sae ma holan au na gabe korbanmu, marisuang ari manang tikki ki, holan alani cinta palsumi" ketika kalian lagi nyanyi lirik lagu ini jangan lupa gunakan gaya seperti yang ada divideo klipnya Omega Trio (selamat mencoba) temans.
     Senam berakhir dan sekarang saatnya untuk istirahat sejenak ditemani segelas air putih dan roti sembari melepaskan peluh keringat yang sudah bercucuran jatuh ke tubuh dengan aroma yang sudah tak lagi enak untuk dicium. Kami sekelas duduk di depan biro rektor dan ketika mereka melihat saya hadir senam teruslah pada heboh mengajukan pertanyaan "Cemana udah sehatnya kan Bu Sek?" (FYI : Bu Sek itu kepanjangan dari ibu sekretaris :D ) "Udah sehatnya qaaaqaaqqq?" "Udah sehatnya tangga kau Yul?" (ini pertanyaan yang buat palak, yang jatuh siapa, eh yang ditanya udah sehat siapa, owalahh kalian tega). Kok gak adalah pula mereka nanya awak kayak gini "Udah adanya jodohmu Yul?" Apalah kujawab ini wei? Apa katanya? Apa kubilang ? hahaha. Terus ada lagi pertanyaan yang seperti ini "Kok gak datang semalam kak YD, gara-gara belum siap tugas ya?" Tediam lah awak langsung dengar pertanyaan itu sambil becakap dalam hati lagi ya kan (betul juga kata abang ini).

     *****

     Ibu Nurhayati kepala Asrama untuk anak SM-3T berpesan kepada seluruh peserta senam agar kami semua berkumpul di Asrama UNIMED dalam rangka membahas tentang kegiatan sosial kehidupan bermasyarakat untuk para peserta PPG baik itu PPG Prajabatan Bersubsidi maupun PPG SM-3T. Setiba di ruangan yang kalau saya rasa itu seperti ruangan makan mungkin ya, soalnya saya lihat ada banyak piring berwarna hijau yang tersusun rapi di atas meja (ehh seperti judul lagu payung teduh yang terbaru ya, tapi sayang mereka sekarang sudah bubar hikss). Di ruangan yang lumayan sedikit sempit tapi tidak sampai berimpit, di sanalah kami semua duduk dengan beragam macam jurusan dan suara tentunya yang menimbulkan riuh serta gaduh di sana-sini dan ketika itu pula Ibu Nurhayati berteriak sangat keras di ruangan tersebut yang sontak membuat kami semua terdiam seketika (hening cipta di mulai) dan langsunglah Ibu itu merepet "Kalian ini semua udah S-1 calon Guru Professional bukan anak-anak lagi yang harus diatur dan dimarah-marahi seperti ini, paham kalian?" semua langsung menjawab "Paham buuuuuuuuuuuuuu." (Efek banyak orang, jadi bu nya itu agak panjang diucapkan).
    Ibu Nurhayati adalah sosok keibuan yang sangat baik kepada kami semua terutama dalam memberikan wejangan yang sangat berarti seputar PPG dan Kehidupan Sosial Bermasyarakat. Saya ingat betul yang beliau katakan tadi ketika memberikan arahan kepada kami semua, beliau bilang "Nak, jika kalian semua ingin berhasil maka jadikanlah diri kalian seseorang, seseorang yang patut untuk dicari dan dicontoh setiap orang baik karena prestasi kalian maupun karena perilaku kalian." Karena sejatinya Guru itu adalah orang yang untuk digugu dan ditiru, lalu beliau juga bilang "Apapun yang kalian lakukan jika yang di atas tidak ridho, maka hasilnya tidak akan jadi." Kata-kata beliau sangat membekas di hati saya,  kan kujadi terharu lagi :(
     Selesai memberikan wejangan dan sekarang saatnya beliau memberikan tugas kelompok yang akan dipresentasikan nantinya ketika senam yang akan datang. Nah tugas kali ini adalah mencari arti kata Tat Twam Asi lalu dibuat kedalam power point, padahal tugas yang kemarin saja membagi yang terpecah, menyusun yang terpisah, mencari yang tiada, lalu menemukan yang tertunda belum siap, eh sekarang tugasnya nambah lagi dan lagi (kuattt oiii, kuattt oiii sebab ini gawat). Beliau juga menagih tugas buku harian kami yakni mahasiswa PPG Prajabatan Bersubsisi yang beliau sampaikan ketika masa orientasi lalu di gedung Digilib UNIMED, beliau bilang "Nanti kalian semua ibu panggil satu persatu ke ruangan ibu dan bawa buku harian kalian yang sudah dikerjakan selama satu bulan agar ibu baca." Lalu mereka semua menjawab dengan muka yang tidak sedikit enak dan suara yang sangat falssss hahaha "Astaga, ibu ini masih ingat aja yaa."
     Saya hanya senyum-senyum sendiri sembari menjawab "Siap Bu." Kenapa saya senyum? karena saya manis dan selalu optimis, ehh bukan itu maksud saya, maksudnya adalah karena buku harian saya sudah saya kerjakan sejak hari pertama saya menginjakkan kaki di kampus UNIMED dengan semboyan kecenya the Character Building University hingga catatan harian sekarang, iya sekarang loh, sekarang yang saat ini sedang kalian baca, (hahaha and now saya sedikit sombong banyak cantiknya) :D Teman-teman seperjuangan sekian dulu cerita saya hari ini, semoga kita semua lulus PPG dan UTN dengan nilai yang memuaskan agar kelak mendapat Gr. dan calon pendamping hidup yang soleh dan salihah tentunya, aamiin. (❤ YD)

Comments

Popular Posts